Tuesday, May 12, 2015

30 WNA di PIK Diduga Komplotan Cyber Crime


30 WNA di PIK Diduga Komplotan Cyber Crime
PENJARINGAN - Pihak kepolisian dari Subdit Jatanras Polda Metro Jaya harini, Selasa (12/5/2015) berhasil mengamankan 30 warga negara asing (WNA) yang berasal dari Tiongkok dan Taiwan. Mereka diamankan dari sebuah ruko yang berada di Jalan Elang Laut Boulevard Blok D No 12, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.
Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Heru Pranoto mengatakan, 30 WNA tersebut, yakni 20 dari Tiongkok dan 10 orang asal Taiwan merupakan terduga pelaku penipuan cyber crime jaringan internasional.
"Terduga pelaku dalam kasus cyber crime, yang melakukan kejahatan internasional, seperti kejahatan kartu kredit hingga dugaan pemerasan," ujar Heru di lokasi penggrebekan kepada wartawan Selasa (12/5/2015).
Lebih lanjut Heru menjelaskan, dalam menjalankan aksi, mereka menggunakan modus menelepon korbannya dengan mengaku sebagai polisi, lalu bilang ke korban bahwa anaknya ditangkap polisi, merekapun kemudian meminta agar orang tuanya mentransfer sejumlah uang.
"Namun para pelaku ini melakukan kejahatan di negerinya sendiri. Korbannya juga dari sana, hanya saja mereka melakukan kejahatannya dari sini (Indonesia)," ungkapnya.
Selain itu Heru mengungkapkan, mereka ini juga merupakan tersangka penipuan kartu kredit, dengan hanya bermodalkan mengetahui nomor kartu kredit korbannya mereka bisa mengurusnya, lalu mereka gunakan berbelanja atau transaksi via internet.
"Kalau dia dapat nomor, kartu kreditnya bisa buka di internet. Bisa melakukan pembayaran atau pembelian. Modus ini sebenarnya konvensional," jelasnya.
Sejauh ini kata Heru, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pihaknya belum menemukan korban WNI, melainkan kebanyakan dari negara mereka sendiri.
"Mereka ini melakukan kejahatan di negara asalnya. Korbannya hanya WNA, jika ada WNI yang menjadi korban, sepertinya kemungkinan kecil. Sebab mereka tidak bisa bahasa Indonesia ataupun Inggris," papar Heru.
Dari tangan para tersangka ini, petugas juga menyita sejumlah barang bukti seperti puluhan HP, telepon rumah, kartu kredit, komputer dan sebagainya.

Sumur : http://www.infonitas.com/megapolitan...4#.VVHHSI7tmko

Lanjutkan Pak Polisi Kerjanya , GOOD JOB !!

Link: http://adf.ly/1GzQnq

Blog Archive