Tuesday, May 5, 2015

Ancaman di Balik Situs Penebak Umur How-old.net


http://www.cnnindonesia.com/teknolog...ur-how-oldnet/

Jakarta, CNN Indonesia -- Microsoft menciptakan layanan baru yang bisa menebak umur penggunanya lewat sistem pengenal wajah. Tapi hati-hati sebelum memakainya.

Layanan berbasis web itu kini memang tengah ramai dipakai para netizen. Tebakkan robot saat menganalisa wajah pengguna memang belum 100% akurat, tapi tetap saja terlihat menyenangkan untuk digunakan.

Cara menggunakan how-old.net juga terbilang mudah, cukup kunjungi situs tersebut, lalu pilih foto wajah yang ingin dianalisa. Pengguna juga dapat memakai fungsi kamera untuk mengambil foto terbaru.

Namun sebelum menggunakan layanan tersebut ada baiknya pengguna memperhatikan aturan main yang ditulis oleh Microsoft. Di situ tertulis bahwa, Microsoft boleh menggunakan seluruh foto yang telah dipublish untuk keperluan apa pun. Ini menegaskan bahwa raksasa sofware itu punya hak atas foto yang diunggah.

"Dengan memposting, mengunggah, memasukkan, memberikan atau mengirimkan submisi Anda, berarti Anda memberikan hak kepada Microsoft dan perusahaan afiliasinya untuk menerima sublisensi yang dibutuhkan," tulis ketentuan Microsoft.

Dalam ketentuan itu juga dijelaskan bahwa Microsoft berhak menyalin, mendistribusikan, melakukan reproduksi, bahkan mengedit seluruh foto yang sudah dikirimkan. Di sinilah ancaman privasi mulai muncul, seperti yang tertulis di situs consumerist.com.

Microsoft menanggapi hal tersebut. Bagi mereka, aturan tersebut memang sudah sepantasnya dibuat. Dan itu adalah aturan standar yang memang biasa digunakan oleh layanan sejenis.

"Aturan layanan tersebut memang benar. Para pengembang bisa memilih bagaimana aplikasi tersebut bekerja, dan pembuat how-old.net memilih untuk tidak menyimpan atau mendistribusikan foto yang sudah dikirim pengguna," kata juru bicara Microsoft yang dikutip dari Mashable.


---

Dari awal ane udah curiga kok tumben2nya mikocok bikin aplikasi "ababil" begini, akurasinya juga kadang payah.

Kalo ane bilang sih jangan pake kamera atau foto sendiri / orang.

Entah apa maksud sebenarnya dibalik pembuatan aplikasi ga guna gini



Link: http://adf.ly/1GKU3K

Blog Archive