Wednesday, May 6, 2015

Bandung Kirim Tim ke Nepal, Berapa Biayanya?


TEMPO.CO , Bandung:Tiga warga Bandung yang hilang di Nepal belum berhasil dikontak hingga kini. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun mengutus dua evakuator untuk mencari mereka.

"Saat ini pak Wali Kota sedang cari sponsor untuk membantu kami. Kalau enggak ada, kayaknya kami pakai duit sendiri," ujar Regi Kayong Munggaran, 31 tahun, salah satu dari dua evakuator yang diutus ke Nepal, saat dihubungi Tempo, Selasa, 28 April 2015.

Regi mengaku berencana membantu tiga warga Bandung di Nepal. Namun, semalam ia tak sengaja bertemu dengan Ridwan dan berlanjut membahas mengenai keberangkatan ke Nepal. Mendengar hal tersebut, kata Regi, Ridwan berjanji untuk membantunya mencarikan sponsor.

Dia menjelaskan, dirinya membutuhkan Rp 400 juta selama berada di Nepal. "Kalau ekspedisi hanya butuh Rp 200 juta. Sementara evakuasi butuh dua kali lipat," kata Regi. Duit itu dapat digunakan selama dua pekan. Masalahnya, menurut prediksi Regi, dirinya bisa mencapai satu bulan di sana.

Regi mengaku evakuasi saat ini cukup sulit karena minimnya informasi. Informasi yang ia terima kemarin malam, mengatakan ketiga warga Bandung dipastikan hilang di lokasi yang jauh. Evakuator membutuhkan waktu lima hari untuk menuju ke sana.

Namun ia memaklumi hal tersebut. Sebab, jaringan telekomunikasi biasanya terputus selama empat hari di suatu wilayah yang mengalami gempa dahsyat.

Kadek Andana, 27 tahun, Alma Parahita, 32 tahun, dan Jeroen Hehuwat, 39 tahun, adalah tiga warga Bandung yang diduga hilang di Nepal sejak gempa sebesar 7,8 skala richter yang terjadi di sana pada Sabtu 25 April 2015 kemarin.

Kadek dan Alma merupakan pasangan suami istri yang baru menikah pada Maret 2015 lalu. Mereka berdua memang sudah lama tergabung di THC sejak 2007, dan kerap bareng naik gunung. Setelah empat tahun berpacaran, mereka memutuskan untuk menikah.

Sedangkan Jeroen, kata Grahito, saat ini bekerja sebagai engineer di perusahaan swasta di Ibu Kota. Alumni Institut Teknologi Bandung angkatan 1993 ini bergabung dengan THC sejak tahun 1989. Jeroen merupakan salah satu pencinta alam terbaik yang dimiliki THC. Ia telah menaklukan sejumlah gunung tinggi di dalam dan luar negeri.

http://m.tempo.co/read/news/2015/04/29/058661875/bandung-kirim-tim-ke-nepal-berapa-biayanya

Link: http://adf.ly/1GSrGn

Blog Archive