Wednesday, May 6, 2015

Bisakah Luhut Direshuffle? JK: Siapapun yang Diangkat Presiden, Dapat Diganti


Jakarta - Isu reshuffle rupanya tak hanya bisa dialami menteri dalam kabinet kerja Jokowi-JK. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua yang diangkat oleh Presiden bisa diganti. Tak terkecuali Kepala Kantor Staf Kepresiden Luhut Pandjaitan‎.

"‎Siapapun yang diangkat oleh presiden, siapapun yang diangkat presiden itu dapat diganti oleh presiden. Itu saja rumusnya," kata JK usai menghadiri acara di hotel JS Luwansa, Jl Rasuna Said, Jaksel, Rabu (6/5/2015).

Ia menegaskan tak ada pengecualian untuk seluruh bawahan presiden untuk perombakan. Bila kinerjanya tak memuaskan, maka tak menutup kemungkinan untuk direshuffle. Meski begitu, ia meminta masyarakat bersabar soal siapa saja menteri yang akan direshuffle dan kapan pelaksanaannya.

"Belum, tunggu saja waktunya. tunggu saja , sabarlah.‎ Ya pentingnya (reshuffle) meningkatkan kinerja pemerintah. Disitu pentingnya," pungkasnya.

Jabatan yang dipegang Luhut saat ini adalah jabatan baru yang dibentuk Presiden Jokowi di awal masa jabatannya. Kepala Staf Kepresidenan bertugas untuk mendukung presiden melaksanakan pengendalian program prioritas nasional, komunikasi politik dan pengelolaan isu strategis. Sebelumnya, Kantor Staf Kepresidenan ini disebut Unit Staf Kepresidenan namun sudah diganti oleh Jokowi melalui Perpres No 190 tahun 2014 pergantian nama tersebut. Posisi Luhut setara menteri kabinet kerja Jokowi-JK.

Kedekatan Luhut dan Jokowi mulai terlihat saat masa kampanye Pilpres 2014 lalu. Setelah diangkat, Presiden Jokowi menambah kewenangan Luhut yang dikritik oleh JK. Saat itu penambahan kewenangan itu bisa menimbulkan koordinasi berlebihan dan berpotensi menimbulkan kesimpangsiuran koordinasi pemerintah.

Setelah sempat ramai dinilai 'tak akur', JK dan Luhut nampak akrab dalam perhelatan peringatan 60 tahun KAA di Jakarta. Luhut yang ditugaskan sebagai ketua pelaksanaan KAA‎ nampak menemani JK saat mantan ketua Golkar itu memantau persiapan KAA di Bandara Halim Perdanakusuma dan JCC.
detik  (news.detik.com)
opa jk udah gerah

Link: http://adf.ly/1GQsUa

Blog Archive