Monday, May 18, 2015

Cuma Angkut 11 Truk, Kapal 'Tol Laut' Tetap Berangkat Sesuai Jadwal


Cuma Angkut 11 Truk, Kapal Tol Laut Tetap Berangkat Sesuai Jadwal

Surabaya -Kapal 'Tol Laut' pertama yakni Mutiara Persada III milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) merupakan kapal angkut kendaraan dan penumpang yang terjadwal. Kapal dengan panjang 153 meter ini akan tetap berangkat sesuai jadwal meski jumlah penumpang jauh di bawah kapasitas penuh yaitu 200 kendaraan truk.

"Kami berangkat dari Lampung membawa 38 kendaraan campuran. Kalau malam ini, kami hanya membawa 11 kendaraan dan 5 penumpang," kata Direktur Utama PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) Ryan Bernandus di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (8/5/2015).

Hingga pukul 19.30 WIB, baru ada 11 kendaraan yang sudah terdaftar naik Mutiara Persada III yang bobotnya 15.000 GT ini. Sebanyak 11 kendaraan tersebut mencakup 8 truk besar, 3 truk tronton, dan 1 kendaraan pribadi.

"Kami berharap tetap ada tambahan. Tetapi meski sedikit kami tetap berangkat malam ini pukul 22.00 WIB," lanjut Ryan.


Dihitung di atas kertas, dengan hanya sedikit muatan yang diangkut, maka yang terjadi mengalami kerugian. Namun Ryan enggan berkomentar banyak soal masalah tersebut.

"Saya belum mengasumsikan karena saya nggak ikut naik," ujar Ryan.

Ia belum mempersoalkan mengenai untung rugi kapal tol laut ini. Pria berkacamata ini hanya mengatakan bahwa program Presiden Jokowi yang memaksimalkan angkutan laut ini harus diteruskan. Ryan mempunyai prinsip trade follow the ship dan bukan sebaliknya

"Jangan menunggu suatu kawasan ramai baru kita masuk (ship follow the trade), tetapi kami maunya meramaikan suatu kawasan dengan kapal yang masuk (trade follow the ship)," jelas Ryan.

Ryan yakin dalam waktu dekat, kapal tol laut ini akan menjadi idola para pengguna jasa angkutan barang dari Surabaya-Lampung dan sebaliknya. Bulan depan, Ryan akan meluncurkan satu kapal lagi untuk melayani tol laut.

"Ada satu kapal lagi bulan depan untuk tol laut," kata Ryan.

Pada saat peluncuran 6 Mei 2015 lalu, kapal Mutiara Persada III yang dibuat di Jepang pada 1991 ini berangkat pukul 24.00 WIB dari Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Tanjung Perak, Surabaya. Waktu tempuh kapal ini jauh lebih efisien yaitu hanya 41,5 jam, sedangkan bila menggunakan truk via jalur darat membutuhkan waktu 90-100 jam.

-
samber: http://finance.detik.com/read/2015/0...-sesuai-jadwal
-

biasa, sudah adat dunia, percobaan pertama memang belum sesuai target, semoga semakin ramai dan bermanfaat saja

Link: http://adf.ly/1HMRWb

Blog Archive