Thursday, May 7, 2015

Dana 17 Miliar Untuk Pembangunan Kelautan dan Perikanan Terpadu


Dana 17 Miliar Untuk Pembangunan Kelautan dan Perikanan Terpadu
JAKARTA - Sebanyak lima kawasan berbasis pulau-pulau kecil yang terdapat di sejumlah daerah di kawasan perairan Indonesia bakal menjadi area sektor kelautan dan perikanan terpadu. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). "KKP akan mengembangkan 24 buah Technopark Kelautan dan Perikanan (TPKP) di lima kawasan berbasis pulau kecil yang akan dikembangkan sebagai kawasan terpadu kelautan dan perikanan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KKP Achmad Poernomo di Jakarta, Kamis (7/5).
Kelima kawasan tersebut yaitu Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Simeleu di Provinsi Aceh, Kabupaten Kepulauan Sangihe di Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat di Provinsi Maluku, dan Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.
Saat ini, KKP telah menyiapkan anggaran sebesar Rp17 miliar untuk pembangunan TPKP di lima kawasan terpilih tersebut. Pengembangan akan melibatkan perguruan tinggi, lembaga litbang, sektor bisnis dan industri, masyarakat dan lembaga-lembaga pelatihan. "Pengembangannya diharapkan dapat menjadi wadah di mana proses inovasi, yang mengonversikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam nilai ekonomi," katanya.
Achmad Poernomo juga mengutarakan harapannya agar hal tersebut dapat memberikan kekuatan daya saing bagi bisnis dan industri berbasis kelautan dan perikanan di pasar dunia. "Dengan demikian kesejahteraan masyarakat dan ekonomi lokal atau daerah akan meningkat dan berujung kepada penciptaan pertumbuhan ekonomi nasional," pungkasnya.

Sumur : http://www.infonitas.com/megapolitan...2#.VUtqlY7tmko

Smoga Dampak dari pembangunan ini lebih maju unutk Indonesia.

Link: http://adf.ly/1GaMxz

Blog Archive