Thursday, May 14, 2015

Harga BBM Naik Lagi <=> Harga Minyak Dunia Merosot, Ini Sebabnya!


Harga BBM Naik Lagi
By Septian Pamungkas
on 14 Mei 2015 at 19:32 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda para pengguna kendaraan bermotor bersiaplah untuk menghadapi harga baru bahan bakar minyak (BBM) yang diberlakukan PT Pertamina (Persero) malam nanti. Harga baru ini berlaku untuk wilayah Jakarta dan Jawa bagian Barat.

Retail Fuel Marketing Region III Pertamina, Pramono Sulistyo menjelaskan, perubahan terhitung mulai 15 Mei 2015 pukul 00.00 WIB. "Perubahan tersebut berlaku di SPBU wilayah marketing operasional region III," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2015).

Dari lima jenis BBM yang dipasarkan Pertamina hanya Premium yang tidak mengalami kenaikan harga atau tetap di angka Rp 7.400 per liter.

Sementara BBM jenis Biosolar kenaikannya sangat signifikan, dari Rp 6.900 menjadi Rp 9.200 per liter. Untuk jenis solar lainnya, Pertamina Dex, kenaikannya hanya Rp 300 per liter. Dari harga awal Rp 11.900 menjadi Rp 12.200 per liter.

Sedangkan harga Pertamax akan naik Rp 800 per liter menjadi Rp 9.600 per liter dari harga sebelumnya Rp 8.800 per liter. Pertamax Plus yang saat ini dijual Rp 10.050 naik Rp 500 menjadi Rp 10.550 per liter.

(ian/sts)
http://otomotif.liputan6.com/read/22...-bbm-naik-lagi

Meanwhile .....

Kamis, 14 Mei 2015 | 22:01 WIB
Harga Minyak Dunia Merosot, Ini Sebabnya!

TEMPO.CO, Jakarta - Harga minyak global merosot pada Kamis pagi WIB meskipun persediaan minyak mentah AS turun jauh lebih besar dari perkiraan, karena pelambatan di kilang mengangkat kekhawatiran tentang kekuatan permintaan.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, merosot 25 sen menjadi berakhir pada 60,50 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk Juni, patokan global, ditutup pada 66,81 dolar AS per barel, turun lima sen dari penyelesaian Selasa.

Harga minyak mentah telah melonjak pada Selasa, mendapatkan dorongan dari melemahnya greenback yang membuat minyak yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pemegang mata uang saingannya.

Itu membantu memperpanjang keuntungan pada Rabu pagi, ketika data penjualan ritel AS untuk April yang lemah menekan dolar. Tetapi itu tidak cukup untuk mempertahankan kontrak berjangka di wilayah positif karena para pedagang mempertimbangkan laporan minyak mingguan Departemen Energi AS (DoE).

DoE mengatakan stok minyak mentah turun 2,2 juta barel dalam pekan yang berakhir 8 Mei menjadi 484,8 juta barel, tingkat tertinggi untuk saat ini setidaknya dalam 80 tahun terakhir.

Ini kali kedua minggu berturut-turut menurun setelah empat bulan stok meningkat tanpa gangguan, dan jauh lebih besar dari penurunan 250.000 barel yang diperkirakan oleh para analis.

Sementara itu, produksi minyak mentah AS naik 5.000 barel per hari selama minggu tersebut menjadi 9,374 juta barel per hari.

Perhatian terpusat pada pelambatan tak terduga di kilang, beroperasi pada 91,2 persen dari kapasitas dibandingkan dengan 93,0 persen pada pekan sebelumnya, meskipun AS mendekati musim mengemudi liburan musim panas pada akhir Mei.

"Itu berubah menjadi tema dominan," kata Bob Yawger dari Mizuho Securities USA.

"Mereka tidak percaya bahwa ada banyak permintaan di sana, meskipun kami hanya beberapa hari lagi dari akhir pekan Memorial Day," kata Yawger.

http://www.tempo.co/read/news/2015/0...t-Ini-Sebabnya

REVOLUSI MENTAL !!!!

Disaat harga minyak dunia turun ...... BBM kita malah naik!

Sedekaaaaahhhhh ........

Link: http://adf.ly/1HAT11

Blog Archive