Thursday, May 14, 2015

[Ikut SBY?] Andrinof Chaniago Minta Ada Wakil Menteri ke Jokowi


Andrinof Chaniago Minta Ada Wakil Menteri ke Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago rupanya meminta ada wakil menteri kepada Presiden Joko Widodo. Padahal, untuk efisiensi, pemerintahan Jokowi memangkas posisi wamen, kecuali untuk Kementerian Luar Negeri.

Permintaan Andrinof supaya adanya wakil menteri itu diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi di Istana Kepresidenan, Rabu (13/5/2015).

"Bappenas ada salah satunya ajukan wakil menteri," ujar Yuddy.

Namun, permintaan yang awalnya ditujukan untuk Kementerian PAN-RB itu dikembalikan lagi oleh Yuddy kepada Andrinof. Yuddy menilai keputusan untuk mengadakan kembali posisi wakil menteri merupakan kewenangan Presiden.

"Kemenpan jawab bahwa itu domain Presiden, bukan di Kemenpan," ucap dia.

Saat dikonfirmasi soal hal ini, Andrinof tidak mau berkomentar banyak. Dia hanya melimpahkan penjelasan soal posisi wakil menteri itu ke Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

"Itu besok. Besok. Tanya ke Pak Seskab aja ya," kata dia.

Andrinof mengakui kementerian yang dipimpinnya adalah salah satu dari enam kementerian yang masih belum beres kelembagaannya. Akibatnya, peraturan presiden yang seharusnya sudah selesai kini masih tersendat dan berakibat pada pencairan dana.

Sebelum mengajukan wakil menteri, Andrinof juga melakukan kebijakan menghapus Kedeputian Bidang Sarana Prasarana yang memiliki lima direktorat di bawahnya. Deputi yang memimpin divisi itu adalah pejabat eselon I.

kompas  (nasional.kompas.com)


Kabinet ramping



Link: http://adf.ly/1H7ugC

Blog Archive