Tuesday, May 19, 2015

Ini 'Alibi' Suzuki Usai Disalip Kawasaki


Penjualan sepeda motor Suzuki di kuartal I-2015, terbilang sangat mengecewakan. Hal itu, juga terlihat jelas dengan keberhasilan Kawasaki menyalip Suzuki dalam daftar peringkat motor terlaris di Indonesia.

Meski penjualan sepeda motor kuartal pertama secara umum memang tengah lesu, namun Suzuki pantas lebih ketar-ketir. Posisi mereka yang biasanya berada di tiga besar di bawah Honda dan Yamaha harus rela diambil alih Kawasaki.
Berdasarkan data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Honda masih berada di posisi pertama selama kuartal I-2015. Pabrikan berlogo Sayap Mengepak asal Jepang itu berhasil menjual 1.093.394 unit sepanjang Januari-Maret 2015, atau 68,12 persen dari total penjualan nasional.

Di posisi kedua, ditempati Yamaha, dengan total penjualan 436.692 unit (27,21 persen), lalu disusul Kawasaki dengan penjualan 42.486 unit (2,65 persen), dan posisi empat ditempati Suzuki 31.408 unit (1,96 persen).

Hal yang paling menarik dari data AISI, yakni peringkat Kawasaki yang naik, dan pertama kalinya berhasil menyalip Suzuki. Memasuki kuartal II, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pihaknya optimistis penjualan produk Suzuki akan kembali normal.

"Buat saya, tidak ada masalah karena barang-barang yang mereka jual itu adalah barang-barang yang setelah bulan Juli tak bisa lagi dijual. Sehingga, kami punya perhitungan kalau bulan Mei, atau Juni sudah balik normal lagi," kata Deputy Managing Director 2W PT SIS, Endro Nugroho.

Selain itu, Endro juga menambahkan, peraturan akan standarisasi Euro 3 pada kendaraan bermotor roda dua yang mulai diberlakukan pada Juli mendatang akan membantu penjualan Suzuki.

"Karena dua tak itu kan Euro 2, sedangkan Euro 2 di bulan Juli ke atas sudah tak boleh diproduksi. Artinya, kesempatannya kapan lagi kalau tidak sekarang. Sebenarnya bukan masalah salip-salipan, saya enggak mau menang cuma satu tahun, tetapi saya mau lima tahun ke depan, sepuluh tahun ke depan, dan produk kami bisa diterima masyarakat," terangnya.

http://otomotif.news.viva.co.id/news...edium=facebook  (otomotif.news.viva.co.id)

busyet penjualan honda

Link: http://adf.ly/1HPTk8

Blog Archive