Thursday, May 14, 2015

Israel Kecewa Vatikan Akui Negara Palestina


Quote: TEMPO.CO, Yerusalem - Kementerian Luar Negeri Israel menyesalkan keputusan Vatikan untuk secara resmi mengakui negara Palestina. "Kami kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Takhta Suci," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri, seperti dikutip Times of Israel.

Menurutnya, keputusan seperti itu tidak kondusif untuk membawa Palestina kembali ke meja perundingan. Ia mengatakan kementerian akan mempelajari perjanjianitu dan mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil.

Vatikan secara resmi mengakui negara Palestina dalam perjanjian baru. Perjanjian, yang diselesaikan Rabu tetapi masih harus ditandatangani, menyebut Takhta Suci mengalihkan hubungan diplomatiknya dari Organisasi Pembebasan Palestina ke negara Palestina.

Vatikan sebelumnya menyambut baik keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 2012 untuk mengakui negara Palestina. Namun perjanjian itu merupakan dokumen hukum pertama antara Tahta Suci dan negara Palestina dan merupakan pengakuan diplomatik resmi. "Ya, itu pengakuan bahwa negara ini ada," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Vatikan mengakui eksistensi negara Palestina selama setidaknya satu tahun. Selama kunjungan Paus tahun 2014, Abbas disebut sebagai presiden "negara Palestina." Dalam buku tahunan terbaru Vatikan, duta besar Palestina untuk Tahta Suci terdaftar sebagai mewakili "negara Palestina".

Tempo   (www.tempo.co)

kucciiiwa 06.gif06.gif

Takhta suci vatikan saja mengakui palestina, masa kamu nggak ? berdukas.gifberdukas.gif

Link: http://adf.ly/1H6N3n

Blog Archive