Friday, May 15, 2015

Kambing di Maroko punya kebiasan panjat pohon buat ambil buah-buahan


00074676_zpshbifz13n.jpg

Indonesia memang memiliki banyak sekali kambing yang suka memakan daun dan rerumputan. Tapi kambing-kambing di Maroko ternyata lebih menyukai untuk mengambil buat dari pohonnya langsung.


Bagaimana tidak, kambing-kambing itu memang mampu memanjat sendiri pohon untuk mendapatkan makanan kesukaan mereka. Pemandangan kambing menggantung diatas pohon pun bukanlah hal yang aneh di Maroko.


Kambing-kambing itu mencari buah masak dari pohon Argan setiap tahun di bulan Juni. Pohon Argan sendiri tumbuh setinggi 8-10 meter dan sanggup bertahan hingga 150-200 tahun lamanya.

kambing-gunung_zpsl00e7j1n.jpg

Pohon ini berduri dan memiliki batang keriput. Tetapi kambing yang telah memanjat pohon tersebut selama berabad-abad, telah belajar untuk menyesuaikan diri dengan tugas mereka.


Kambing asal daerah ini memiliki kaki terbelah. Setiap kuku memiliki dua kaki yang dapat menyebar, memberikan keseimbangan. Sedangkan telapak kaki mereka yang lembut membantu mereka untuk mencengkam batang pohon.


Hewan-hewan ini juga memiliki 2 jari kaki vestigal yang lebih tinggi kaki di mereka, biasa disebut dewclaws. Ini ditemukan pada banyak spesies termasuk kucing dan anjing, namun dewclaws kambing ini jauh lebih cepat sehingga membantu mereka melepaskan diri dari cabang.

Link: http://adf.ly/1HAjnl

Blog Archive