Friday, May 1, 2015

Marah Soal Eksekusi, Abbott Ingin Persahabatan RI-Australia Bisa Dilanjutkan


Marah Soal Eksekusi, Abbott Ingin Persahabatan RI-Australia Bisa Dilanjutkan
Canberra, - Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott menyampaikan harapan agar persahabatan antara Australia dan Indonesia bisa dilanjutkan, meski adanya ketegangan terkait eksekusi mati duo Bali Nine. Menurut Abbott, rakyat Indonesia memahami kemarahan Australia atas eksekusi tersebut.

Hal ini disampaikan Abbott menyusul statemen dari Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema yang menyampaikan simpati bagi keluarga Andrew Chan dan Myuran Sukumaran yang dieksekusi mati pada Rabu, 29 April lalu.

"Rakyat dan pemerintah Indonesia menyampaikan simpati kami pada keluarga dan para sahabat almarhum," ujar Nadjib.

Ditekankan Nadjib, hubungan baik dengan Australia adalah penting bagi Indonesia, dan Jakarta tetap berkomitmen untuk memperbaiki dan memperkuat hubungan bilateral.

Pernyataan itu disambut baik oleh Abbott. "Itu tanda bahwa rakyat Indonesia yang baik menghargai kemarahan yang dirasakan Australia atas kematian yang kejam dan tak perlu ini dan itu tanda bahwa pada waktunya nanti, persahabatan yang baik dan kuat antara Australia dan Indonesia bisa dilanjutkan," kata Abbott kepada para wartawan di Canberra, Australia seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/5/2015).

Dikatakan Abbott, meskipun saat ini merupakan momen sulit dalam hubungan Australia-Indonesia, namun dirinya yakin bahwa kedua negara akan melakukan apa yang diperlukan untuk membangun kembali hubungan antar negara.

"Karena meskipun adanya masalah-masalah dalam beberapa hari terakhir, meskipun adanya kemarahan yang sangat bisa dimaklumi yang dirasakan begitu banyak warga Australia, pada akhirnya, merupakan kepentingan semua orang agar hubungan ini bisa dipulihkan secepat mungkin," tandas pemimpin negeri Kangguru itu.





http://news.detik.com/read/2015/05/01/142419/2903404/1148/marah-soal-eksekusi-abbott-ingin-persahabatan-ri-australia-bisa-dilanjutkan




Canggih memang

Link: http://adf.ly/1G8cfG

Blog Archive