Friday, May 1, 2015

Menjaga Iklim Investasi Untuk Kesejateraan Para Buruh



May Day atau Peringatan 1 Mei merupakan hari buruh nasional yang sering digelar setiap tahunnya di Indonesia. Bahkan perigatan May Day menjadi hari libur nasional. Pemanfaatan peringatan May Day untuk mengeluarkan atau menyampaikan aspirasi sangat penting. Maka kaum buruh atau karyawan tidak perlu mengekspresikan keinginan dan harapannya diluar yang melanggar aturan hukum. Tindakan buruh untuk menyampaikan aspirasi sesuai aturan hukum sangat penting supaya tujuan dari aksi buruh lebih terorganisir dan terstruktur dengan konsep perjuangan yang jelas dan terarah.

Yang harus diperhatikan dan dilaksanakan adalah jangan sampai aksi buruh dalam menyampaikan aspirasinya saat May Day dilatarbelakangi oleh kepentingan tertentu. Menyampaikan aspirasi seperti menjalakan aksi unjuk rasa, kaum buruh harus dapat melakukannya secara tertib dan baik. Jangan sampai melakukan aksi anarkis yang dapat mengganggu ketertiban umum, pengerusakan atau penjarahan aset pemerintah atau pun pihak swasta yang berada di sekitarnya. Negara kita merupakan negara demokratis, bukan negara anarkis dan destruktif.

Para buruh harus dapat memanfaatkan momentum peringatan May Day sebagai upaya meningkatkan kesejahteraannya yakni menaikkan upah kerja. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga iklim investasi. Sehingga tingkat kepercayaan publik terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap stabil. Maka investor asing tidak akan segan-segan untuk terus menanamkan investasinya di Indonesia. Dampaknya akan membuka lapangan kerja baru sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di lain sisi, pemerintah pun sudah berbuat banyak dalam meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Tentu hal ini dilakukan demi kepentingan masyarakat yaitu kesejahteraan masyarakat Indonesia. Saat ini, masyarakat pasti dapat melihat bagaimana upaya pemerintahan Jokowi-JK menjaga kepercayaan masyarakat Internasional terhadap bangsa Indonesia. Dalam berbagai kesempatan perhelatan internasional, pemerintah terus berupaya menjelaskan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan sahabat dunia Internasional, mempermudah iklim investasi bagi asing. Upaya itu tentu hanya untuk satu tujuan yaitu demi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Indonesia. Maka dari itu, diharapkan para buruh menjaga dan membantu upaya pemerintah tersebut dengan terus bekerja keras dan meningkatkan kualitas kerja. Boleh berunjuk rasa saat May Day namun harus yang tertib dan damai. Semoga kesejahteraan para buruh semakin meningkat dan makmur.



SELAMAT MAY DAY, SEMOGA PARA BURUH SEMAKIN SEJAHTERA. AMIN

sumur   (ekonomi.kompasiana.com)

Link: http://adf.ly/1G7zSC

Blog Archive