Friday, May 1, 2015

Novel 'Saman' Ayu Utami Diterjemahkan ke Bahasa Ethiopia


http://hot.detik.com/read/2015/04/30...ahasa-ethiopia

Novel Saman Ayu Utami Diterjemahkan ke Bahasa Ethiopia

Novel 'Saman' Ayu Utami Diterjemahkan ke Bahasa Ethiopia
Tia Agnes Astuti - detikhot
Kamis, 30/04/2015 21:29 WIB

Jakarta -
Penulis 'Bilangan Fu' Ayu Utami kaget bukan main ketika ada penerbit dari Ethiopia ingin menerjemahkan buku pertamanya yang berjudul 'Saman'. Hingga kini, buku-bukunya mendapatkan apresiasi yang tinggi di Indonesia dan internasional.

Rencana tersebut dilontarkannya usai menghadiri jumpa pers 'Frankfurt Book Fair 2015' di Galeri Nasional Indonesia. "Rencananya tahun ini akan terbit 5000 eksemplar. Lima ribu, lho? Itu banyak sekali," katanya kepada detikHOT, Kamis (30/4/2015).

Simak: 5 Karya Seni dalam Adegan Film

Menurut penuturannya, penerbit di Ethiopia tersebut menghubungi penerbitnya. "Saya juga tidak tahu bagaimana budaya membaca dan membeli buku di Ethiopia tapi saya rasa ini apresiasi yang sangat besar terhadap buku Indonesia," kata Ayu.

Kurator sastra di Komunitas Salihara ini melanjutkan jika penerbit tersebut menerjemahkannya dari terjemahan 'Saman' yang bahasa Inggris. Meski sebenarnya ia menginginkan dari bahasa Indonesia.

"Tapi toh susah juga yah menemukan penerjemah yang bisa bahasa Ethiopia dan bisa bahasa Indonesia juga. Ya sudahlah," ungkapnya.

Novel pertama Ayu 'Saman' mendapatkan penghargaan novel terbaik Dewan Kesenian Jakarta tahun 1998, dan kini telah diterbitkan dalam enam bahasa asing. Karena dianggap memperluas batas cakrawala sastra Indonesia, ia mendapat Prince Claus Award dari Belanda (2000) dan penghargaan dari Majelis Sastra Asia Tenggara (2008).

Novel 'Bilangan Fu' pun meraih Khatulistiwa Literary Award pada 2008. Karyanya yang lain adalah novel 'Larung' (2002), kumpulan kolom 'Si Parasit Lajang' (2003), dan naskah drama 'Sidang Susila' (2008), 'Manjali dan Cakrabirawa' (2010).

(tia/ron)

Kalau karya penulis Indonesia diterjemahkan ke bahasa Inggris, Belanda, Jerman dll sudah cukup banyak, tapi yang ini unik juga. Ternyata masyarakat Ethiopia tertarik juga dengan sastra Indonesia.

Link: http://adf.ly/1G8peV

Blog Archive