Wednesday, May 20, 2015

Percayakan dan Dukung Penuh Kinerja Pemerintah



Masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) setiap pada tanggal 20 Mei. Penetapan 20 Mei ini dilatar belakangi oleh lahirnya gerakan nasionalis pertama Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, seratus tahun yang lalu. Tepatnya 107 tahun yang lalu, pergerakan nasional ini dipimpin oleh Dokter Soetomo di Jakarta. Terlepas dari kontroversi atas perkembangan organisasi Boedi Oetomo pada masa itu, masyarakat harus menyadari bahwa Boedi Oetomolah yang melahirkan mentalitas perjuangan yang lebih terorganisir pada waktu itu.

Pertanyaan besarnya adalah apakah tujuan Kebangkitan Nasional 1908 telah sesuai dengan harapan masyarakat ? Jika jawabannya adalah belum, lalu apa yang harus kita lakukan selanjutnya? Perlukah para mahasiswa dan buruh kembali turun ke jalan, mengorbankan jiwa raganya untuk menuntut kesejahteraan rakyat? Dan haruskan setiap ketidakpuasan masyarakat atas kinerja pemerintah selalu disalurkan dengan mengorbankan darah di tanah airnya? Kiranya pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dapat kita cermati secara mendalam.

Kita harus menyadari bahwa perjuangan saat ini bukanlah lagi seperti di masa pra kemerdekaan. Kini sudah saatnya berjuang menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Bukan lagi dengan gerakan mengangkat senjata tajam, atau turun ke jalan dengan mengatakan "Kami Putra-Putri Indonesia Bersatu, Menuntut Kesejahteraan Rakyat" atau "Kami Putra-Putri Indonesia Bersatu Menuntut Presiden Untuk Turun Dari Jabatannya".

Lalu, setelah Presiden turun apakah pemerintahan akan jauh lebih baik? Jika otot saja yang kuat, tapi otak kosong, sampai kapan pun negara ini tidak akan pernah maju. Beribu-ribu kali rakyat turun ke jalan Rakyat Indonesia tidak akan pernah sejahtera. Kenapa? Karena kita akan selalu di bodohi oleh negara lain, seluruh aset negara akan di kuasai oleh asing, baik dengan dalil Investasi ataupun lainnya. Rakyat Indonesia akan selalu menjadi budak di negerinya sendiri, sama seperti di jaman pra kemerdekaan dulu.

Artinya bahwa jika ingin aksi, ingin menumpahkan jiwa dan raga maka lakukanlah dengan meningkatkan Ilmu Pengetahuan. Lawanlah diri kita sendiri, lakukanlah segala cara untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan agar mampu bersaing dengan negara lain. Karena menuntut bukanlah menyelesaikan masalah, tetapi justru membawa masalah baru. Kiranya itulah makna dari Hari Kebangkitan Nasional.

Maka dari itu, selama kita meningkatkan kapasitas diri, biarkan pemerintahan Jokowi-JK melanjutkan tugas-tugasnya. Berikan kesempatan kepada pemerintah Jokowi-JK saat ini untuk terus memperjuangkan kesejahteraan rakyat, sesuai janji politiknya dulu. Jika ada yang tidak tepat, berikan masukan (saran dan kritik) yang positif agar pengelolaan negara menjadi lebih baik. Karena kita harus meyakini bahwa tidak ada pemimpin yang ingin menghancurkan negaranya sendiri,tidak ada pemimpin yang ingin negaranya di jajah oleh bangsa lain. Kita harus yakin bahwa Jokowi-JK mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat sesuai janji dan harapan seluruh masyarakat Indonesia menuju Indonesia yang lebih Hebat.


Selamat HARKITNAS

Opini

Link: http://adf.ly/1HS8t5

Blog Archive