Tuesday, May 12, 2015

[SHBX takut lengser?] DPRD DIY : Pengajuan Perubahan Gelar Gubernur Tak Mudah


TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Ketua DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Arif Noor Hartanto
mengatakan, Undang Undang Keistimewaan (UUK) DIY merupakan implementasi paugeran Keraton Yogyakarta. Sehingga segala hal yang sudah ditetapkan di dalamnya, maka harus dilaksanakan.

Termasuk mengenai gelar Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan
Hamengku Buwono X.

"Dahulu seluruh rakyat DIY menyetujui dan mengikhlaskan diri untuk diberlakukannya UUK, saat itupun
juga semuanya sudah mengacu pada paugeran (draf RUUK). Artinya paugeran jadi acuan utama," katanya.

Maka, yang perlu dilakukan saat ini adalah seluruh komponen dan elemen masyarakat di DIY melaksanakan amanah UUK tersebut dengan konsekuen. Jika ada pemikiran baru mengenai perubahan paugeran Keraton, maka publik berhak mengetahuinya.

"Sekarang sudah tidak ada lagi persoalan internal, Negara sudah mengintervensi melalui UUK, sudah gathuk (menyatu)," katanya.

Dalam UUK, lanjutnya, publik juga berhak mengetahui apa saja isi paugeran. Dan siapa yang akan menduduki posisi Sultan dan Gubernur yang akan datang. UU juga memerintahkan, calon yang akan menduduki jabatan tersebut juga harus dididik terlebih dahulu.



"Kalau tiba-tiba muncul, itu melanggar UUK," katanya.
Sementara itu, mengenai rencana Sultan HB X mengajukan perubahan nama, hal itu tidaklah mudah. Sebab nama tersebut sudah masuk dalam UUK, dan Surat Keputusan Presiden saat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur 2012 lalu.

Ia mengungkapkan, sampai saat ini, DPRD DIY belum menerima tembusan mengenai pengajuan perubahan nama tersebut ke pemerintah pusat. Sehingga, DPRD belum dapat mengambil sikap mengenai polemik ini.

"Maka secara legal formal, nama Gubernur DIY masih tetap Sri Sultan Hamengku Buwono X," katanya. Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemda DIY, Haryanto mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima surat pemberitahuan ataupun tembusan dari Keraton mengenai perubahan nama tersebut. (*)

http://jogja.tribunnews.com/2015/05/12/dprd-diy-pengajuan-perubahan-gelar-gubernur-tak-mudah

Link: http://adf.ly/1Gyxl2

Blog Archive