Monday, May 4, 2015

Temuan PBB: Iran Telah Persenjatai Syiah Hautsi Yaman Sejak 2009


Temuan PBB: Iran Telah Persenjatai Hautsi Yaman Sejak 2009

Iran telah mengirimkan bantuan senjata ke pemberontak Hautsi Yaman setidaknya sejak 2009, menurut laporan PBB. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan Teheran telah berlangsung sejak tahun-tahun awal pemberontakan milisi Syiah itu.

Para ahli menemukan data tersebut melalui penyelidikan setelah pemerintah Yaman menangkap kapal Jihan milik Iran, yang mengangkut senjata pada 2013. Menurut informasi yang diperoleh, kapal ini telah diawali dengan kapal-kapal lainnya sejak 2009, berdasarkan laporan panel ahli kepada Dewan Keamanan pekan lalu.

Informasi yang dikumpulkan oleh para ahli menunjukkan bahwa pola pengiriman senjata ke Yaman dilakukan dengan jalur laut. Hal itu telah dilakukan setidaknya sejak 2009," kata laporan itu seperti dikutip AFP.

Salah satu kasus yang ditangani menunjukkan upaya kapal nelayan Iran diam-diam mengirimkan ratusan anti-tank dan roket anti-helikopter ke pemberontak. Analisis lebih lanjut menemukan bahwa pengiriman senjata tersebut berasal dari Iran penerimanya adalah Hautsi di Yaman.
Laporan para ahli juga menyebutkan rincian enam insiden lain yang melibatkan kapal Iran, lima di antaranya telah membawa senjata menuju Yaman.

Dalam sebuah insiden tertanggal April 2009, awak sebuah kapal Iran yang tidak disebutkan namanya memuat peti senjata ke kapal Yaman di perairan internasional. Kemudian disusun dan dibawa ke sebuah peternakan di Yaman untuk digunakan oleh Hautsi.

Pihak berwenang Yaman pada bulan Februari 2011 juga menangkap kapal nelayan Iran. Pemeriksaan terhadap kapal itu mencatat ada 900 anti-tank dan anti-helikopter roket buatan Iran ditujukan untuk pemberontak, kata laporan itu.

Seperti diketahui, Kelompok Hautsi telah merebut Shan'a sejak September 2014 lalu. Hautsi awalnya berbasis di Yaman utara. Menurut peneliti Hautsi Ahmad Al-Bahri, Hautsi memiliki total 100.000-120.000 pengikut, mencakup anggota bersenjata dan loyalis tidak bersenjata. Hautsi telah melakukan perlawanan terhadap penguasa Yaman sejak 2004, mengangkat isu marjinalisasi.[Agus Abdullah]

http://www.kiblat.net/2015/05/01/tem...an-sejak-2009/

Link: http://adf.ly/1GH0kM

Blog Archive