Monday, May 4, 2015

[upaya rekonsiliasi China?] Presiden Cina dan pemimpin partai berkuasa Taiwan bertemu


150504065439_cn_eric_chu_xi_jinping_02_6

Pemimpin partai berkuasa Taiwan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Cina Xi Jinping, dalam pertemuan tingkat antara dua negara dalam enam tahun.

Eric Chu, Ketua Partai Kuomintang (KMT), mengatakan sebelum pertemuan di Beijing dia berharap mereka dapat melanjutkan upaya perdamaian.

Hubungan Cina dan Taiwan telah meningkat secara signifikan sejak terjadi perang saudara pada beberapa dekade lalu dan memisahkan Taiwan dari Cina.

Cina memandang Taiwan sebagai sebuah provinsi terpisah yang akan kembali.

Tetapi KMT mengalami penurunan popularitas dan mendapatkan sejumlah protes di dalam negeri, yang dijuluki "Gerakan Bunga Matahari", atas langkahnya untuk dekat dengan Partai Komunis Cina.

Pada Maret tahun lalu, ratusan mahasiswa menduduki parlemen selama satu pekan, berdemonstrasi melawan pakta perdagangan yang ditandatangani KMT dengan Cina. Ribuan orang berunjuk rasa di jalanan menentang Cina daratan.

Meski demikian, partai yang dipimpin Chu belakangan ini mendorong untuk bergabung dengan bank pembangunan baru yang digagas oleh Cina. Permohonan Taiwan untuk bergabung dengan bank tersebut ditolak oleh Cina karena menyebutkan sebagai negara merdeka.

Bagaimanapun Beijing mengatakan akan menyambut baik permohonan dari Taiwan dengan menggunakan nama yang "pantas".

Perolehan suara KMT merosot tajam dalam pemilu lokal November lalu dan Presiden Ma Ying-jeou mundur sebagai ketua partai, dan digantikan oleh Chu.

Sumur  (www.bbc.co.uk)

Link: http://adf.ly/1GHI4Y

Blog Archive