Friday, May 1, 2015

Warganya Terancam Eksekusi Mati di Malaysia, Australia Bungkam?


Warganya Terancam Eksekusi Mati di Malaysia, Australia Bungkam?

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang perempuan asal Australia terancam hukuman mati karena berupaya menyelundupkan narkoba. Akankah Pemerintah Australa akan kembali membabi buta melakukan pembelaan?

Maria Elvira Pinto Exposto ditangkap pada 7 Desember 2014 lalu di Bandara Kuala Lumpur. Perempuan berusia 52 tahun itu kedapatan membawa 1,1 kilogram (kg).

Hingga saat ini kasus Exposto tidak mendapatkan perhatian luas dari media Australia. Bahkan media sekelas ABC Australia tidak banyak mengulas mengenai kasus yang dialami Exposto.

Seperti diketahui Malaysia memberlakukan hukuman mati bagi siapa saja yang dinyatakan bersalah membawa lebih dari 50 gram narkoba. Sementara jumlah narkoba jenis sabu-sabu yang dibawa Exposto mencapai 1,1 kg.

Sikap diam Australia terhadap Malaysia berbeda jauh dengan apa yang diarahkan kepada Indonesia. Khususnya setelah eksekusi mati dua gembong narkoba Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Perdana Menteri Abbott bahkan menyatakan akan menarik Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson. Penarikan itu menurut Abbott dilakukan untuk konsultasi.

Sementara Menteri Luar Negeri Julie Bishop, melontarkan pernyataan yang bernadakan ancaman. Bishop memperingatkan eksekusi mati terhadap Chan dan Sukumaran bisa menimbulkan konsekuensi terhadap Indonesia. Namun dirinya tidak menjelaskan konsekuensi itu.

Patut diperhatikan sikap Australia menanggapi ancaman eksekusi mati warganya di Malaysia. Bila mereka tidak berkoar-koar dan mendesak Malaysia untuk batalkan eksekusi mati itu, jelas bahwa ada sesuatu maksud tersembunyi dari pemerintahan Tony Abbott terhadap Indonesia, terkait eksekusi mati Chan dan Sukumaran.

Ini bukan pertama kalinya warga Australia dieksekusi mati di Malaysia. Sebelumnya, dua warga Australia lain pernah dihukum mati dengan cara digantung pada 1986 karena perdagangan heroin. Keduanya merupakan orang Barat pertama yang dieksekusi di Malaysia.

Selain itu, pernah pula warga Australia dieksekusi mati di Singapura. Dan eksekusi tersebut juga tidak mendapatkan kritikan berlebihan dari Negeri Kanguru.

mungkin karena sodara sepemakmuran


Link: http://adf.ly/1G9Doo

Blog Archive