Monday, May 11, 2015

Wujud Transparansi, DKI Buka Konsultasi Publik


Wujud Transparansi, DKI Buka Konsultasi Publik

Pemprov DKI Jakarta berencana membuat program konsultasi publik untuk kegiatan yang lebih transparan. Nantinya, warga dapat memberikan saran kepada Pemerintah DKI mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2016 mendatang.

"RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2016 terlebih dahulu akan diverifikasi dan dilakukan konsultasi publik untuk sama-sama melihat kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2016," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati kepada Infonitas, Senin (11/5/2015).

Tuty melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta terus bekerjasama dengan masyarakat untuk memprioritaskan kegiatan yang dibutuhkan warga. Konsultasi publik yang juga bagian dari program Smart City Jakarta ini dapat diakses melalui website smartcity.jakarta.go.id.

Tuty mengklaim, kegiatan pada tahun mendatang juga dipastikan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) pada 2013 hingga 2017, dimana kebutuhan masyarakat menjadi prioritas. Dengan adanya konsultasi publik, menurutnya, masyarakat akan dapat dengan mudah mengawasi kegiatan dari Pemprov DKI.

"Keterlibatan warga dapat dilakukan melalui website maupun dengan tatap muka. Publik bisa kasih komentar apakah ada yang tidak layak untuk diteruskan, atau mungkin ada yang tidak terkait dengan aspirasi masyarakat," papar Tuty.
Tuty menambahkan, konsultasi Publik juga berkaitan dengan e-musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) dari tingkat Kelurahan hingga tingkat Provinsi. Jadi, lanjutnya, beberapa kegiatan yang diusulkan warga dapat dilihat apakah akan dilakukan pada tahun mendatang atau tidak.

TKP : http://www.infonitas.com/megapolitan...3#.VVBLz46qqko

Link: http://adf.ly/1Gw02w

Blog Archive